Portal Perguruan Tinggi
Select Language
Simple Search

Advanced Search
Title :
Author(s) :
  • SEARCHING...

Subject(s) :
  • SEARCHING...

ISBN/ISSN :
GMD : Collection Type : Location :
OPAC

Katalog Online Perpustakaan Universitas Ma Chung Villa Puncak Tidar N-01 Malang - Jawa Timur.

DDC v.22

Klasifikasi & Katalogisasi DDC versi 22 Indonesia ICT Award 2009

Validated

Valid XHTML 1.0 Transitional
Valid CSS

Title RANCANG BANGUN PROTOTIPE LOW COST SOIL PLANT METER (LCSPM) ALAT PORTABEL DETEKSI KLOROFIL PADA TANAMAN
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) VINCENTIUS VALIANDY JIUANGGA - 311110046
Subject(s) Klorofil
SPAD
Bluetooth
LCSPM
perangkat bergerak
Classification
Series Title
GMD Skripsi
Language Indonesia
Publisher FST Prodi Teknik Informatika Universitas Ma Chung
Publishing Year 2015
Publishing Place Malang
Collation
Abstract/Notes Tanaman merupakan salah satu sumber kehidupan bagi manusia. Pertumbuhan tanaman sangat dipengaruhi oleh kandungan klorofil di dalamnya. Pada saat ini masih banyak para pecinta tanaman, petani maupun produsen agrobisnis yang tidak mengetahui kadar klorofil pada tanamannya, sehingga mereka tidak dapat memberikan nutrisi yang sesuai kebutuhan tanaman dan mengakibatkan penggunaan pupuk nitrogen secara berlebihan. Untuk menentukan kandungan klorofil pada tanaman perlu adanya suatu alat yang dapat mengukur kadar klorofil secara akurat. Alat yang ada saat ini yaitu SPAD (Soil Plant Analysis Development) masih memiliki harga yang sangat mahal sehingga hanya para peneliti saja yang dapat memilikinya. Namun para pecinta tanaman, petani, dan produsen agrobisnis tidak mampu untuk membelinya.
Pada penelitian ini dikembangkan alat LCSPM yaitu alat yang mampu mendeteksi klorofil tanaman secara akurat dengan biaya yang murah. Konsep utama dari alat LCSPM yaitu menangkap citra merah dan citra infra merah dari daun yang dipantulkan ke sensor cahaya. Nilai dari citra merah dan citra infra merah tersebut akan digunakan untuk menentukan nilai kandungan klorofil daun ke dalam indeks NDVI (Normalized Differenece Vegetation Index) yang kemudian hasilnya ditampilkan di Android. Selain itu LCSPM mampu mengkoleksi data ke dalam suatu perangkat bergerak yang terhubung dengan LCSPM melalui Bluetooth.
Hasil dari perhitungan NDVI menunjukkan bahwa pembacaan estimasi kandungan klorofil pada alat LCSPM mempunyai hubungan yang kuat (R = 0,948) dengan kandungan klorofil pada pembacaan SPAD. Selain itu hasil yang diperoleh oleh LCSPM sudah signifikan (p value < 0,05).
Specific Detail Info
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous